Selasa, 02 Desember 2008

== Cakupan Biologi ==
''Lihat artikel utama [[Daftar Cabang-cabang Biologi]]''

Pada masa kini, biologi mencakup bidang akademik yang sangat luas, bersentuhan dengan bidang-bidang [[sains]] yang lain, dan sering kali dipandang sebagai ilmu yang mandiri. Namun, pencabangan biologi selalu mengikuti tiga dimensi yang saling tegak lurus: ''keanekaragaman'' (berdasarkan kelompok organisme), ''organisasi kehidupan'' (taraf kajian dari sistem kehidupan), dan ''interaksi'' (hubungan antarunit kehidupan serta antara unit kehidupan dengan lingkungannya). 

=== Pembagian Berdasarkan Kelompok Organisme ===
Makhluk hidup atau organisme sangat beraneka ragam. [[Taksonomi]] mempelajari bagaimana organisme dapat dikelompokkan berdasarkan kemiripan dan perbedaan yang dimiliki. Selanjutnya, berbagai kelompok itu dipelajari semua gatra kehidupannya, sehingga dikenallah ilmu biologi tumbuhan ([[botani]]), biologi hewan ([[zoologi]]), biologi serangga ([[entomologi]]), dan seterusnya.

=== Pembagian Berdasarkan Organisasi Kehidupan ===
Kehidupan berlangsung dalam hirarki yang terorganisasi. Hirarki organisme, dari yang terkecil hingga yang terbesar yang dipelajari dalam biologi, adalah sebagai berikut:
* [[sel]];
* [[jaringan]];
* [[organ]];
* [[sistem organ]];
* [[individu]];
* [[populasi]];
* [[komunitas]] atau masyarakat;
* [[ekosistem]]; dan
* [[bioma]].

Kajian-kajian subindividu mencakup [[biologi sel]], [[anatomi]] dan cabang-cabangnya ([[sitologi]], [[histologi]] dan [[organologi]]), dan [[fisiologi]]. Pembagian lebih rinci juga mungkin terjadi. Misalnya, anatomi dapat dikhususkan pada setiap organ atau sistem (biasa terjadi dalam ilmu [[kedokteran]]): [[pulmonologi]], [[kardiologi]], [[neurologi]], dan sebagainya). 

Tingkat supraindividu dipelajari dalam [[ekologi]], yang juga memiliki pengkhususan tersendiri, seperti [[ekofisiologi]] atau "fisiologi lingkungan", [[fenologi]], serta [[ilmu perilaku]].

=== Pembagian Berdasarkan Interaksi ===
Hubungan antarunit kehidupan maupun antara unit kehidupan dan lingkungannya terjadi pada semua tingkat organisasi. 

Tidak ada komentar: